Cara Mengedukasi Anak Dalam Keluarga
Category: Blog, Edukasi Ibu & Anak, Tips Edukasi

Cara Mengedukasi Anak Dalam Keluarga

Cara Mengedukasi Anak Dalam Keluarga. Pendidikan memanglah sangat penting. Dengan pendidikan anda bisa dengan lebih bijak atau mudah dalam mengatasi segala masalah yang muncul. Anda akan dapat lebih tepat mengatasi segala sesuatu yang terjadi. Nah untuk edukasi pada anak, adanya peran orang tua sangat penting. Mengapa demikian? Anak pada dasarnya telah mendapatkan edukasi sejak ia lahir.

Edukasi tak hanya bisa didapatkan dari suatu instansi pendidikan. Suatu edukasi pada awalnya datang dari dalam suatu keluarga. Anak akan trelebih dahulu banyak mendapat pengetahuan dari dalam keluarganya. Nah setelah berumur sekian tahun, barulah anak akan bergaul dengan lingkungan sekitarnya yang diluar rumah dan disitulah anak akan mendapatkan edukasi yang lainnya.

Nah oleh karena pendidikan dimulai dari suatu keluarga, maka peran orang sangatlah penting. Orang tua haruslah banyak mengajarkan hal-hal yang baik agar anak mendapatkan informasi serta dapat berperilaku yang baik pula. Usia 1 – 5 tahun menjadi usia emas dimana karakter anak akan terbentuk sesuai denga segala sesuatu yang telah diajarkan oleh sang orang tua serta anggota keluarga yang lainnya. Berikut beberapa cara penting yang harus dilakukan orang tua pada tahapan anak usia emas.

Cara Mengedukasi Anak Dalam Keluarga

  1. Menjadi role model yang baik

Pada saat anak usia 1 – 5 tahun anak akan cenderung untuk mengikuti segala macam perilaku orang tuanya. Mereka tak mampu memilih perilaku mana yang baik serta yang tidak. Nah oleh karena itu sebagai orang tua anda seharusnya mampu berperilaku yang baik di depan anak, agar segala sesuatu yang ditiru anak adalah perilkau yang baik. Nah jika anda termasuk orang yang suka menolong, maka anak anda tak akan jauh dari sifat anda tersebut.

  1. Hindari mengatakan kata ‘tidak’ dan ‘jangan’

Mengapa harus menghindari kata ;tidak’ ataupun ‘jangan’? Kata-kata tersebut jika terlalu sering anda ucapkan maka anak akan menjadi anak yang takut akan semua hal. Mereka akan selalu merasa ragu-ragu untuk melakukan berbagai macam hal, sehigga pada akhirnya anak tak akan mampu melakukan banyak hal karena anda selalu melarangnya dengan mengatakan ‘tidak’ maupun ‘jangan’. Nah untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan kata lain diikuti dengan sebaiknya menggambar atau hal lainnya.

  1. Tak melakukan kekerasan pada anak

Kekerasan yang tujukan oleh siapapun pada akhirnya akan membuat para korbannya merasa trauma. Nah hal yang sama juga akan terjadi pada anak. Anak akan mengalami trauma fisik maupun psikologis yang akan berdampak pada pertumbuhan serta perkembangannya. Trauma tersbeut juga bisa saja melekat hingga mereka dewasa.

  1. Kenalkan pada angka dan ajarkan berbahasa yang baik

Sejak dini anda harus mengajarkan tata bahasa yang baik serta sopan, sehingga diharapkan nantinya akan tumbuh menjadi anak yang baik serta sopan pula. Nah anda juga mengedukasi anak dengan mengajarkan angka atau huruf terutama di usia 4 hingga 5 tahun untuk mempersiapkannya menjelang sekolah.

  1. Tak memaksa atau menuntut

Semua orang sepertinya tak suka dipaksa. Nah anda sebaiknya tak memaksa anak untuk melakukan sesuatu yang memang tak anak sukai. Anda harus lebih membebaskan anak terutama dalam hal kreativitas.

Nah keluarga merupakan tempat edukasi pertama bagi anak. Orang tua berperan penting, mereka haruslah mengajarkan sesuatu yang baik untuk membentuk pribadi anak yang baik pula. Gunakanlah bahasa serta cara yang baik untuk mendidik anak.

 

Gary James

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *