Category: Blog

Tips Sarapan Praktis Tetapi Menyehatkan Bagi Ibu dan Anak

Tips Sarapan Praktis Tetapi Menyehatkan Bagi Ibu dan Anak. Sarapan atau makan pagi adalah hal yang biasa dihindari oleh banyak orang. Berbagai alasan mendasari keputusan mereka untuk melewatkan jam makan pada pagi hari ini. Misalnya karena tidak lapar, bangun terlalu siang, dan kesibukan yang dimiliki di pagi hari. Orang-orang tersebut berpikir bahwa menyiapkan sarapan akan menyita waktu mereka.

Apalagi banyak aktivitas yang harus dilakukan pada pagi hari segera setelah bangun dari tidur. Hal tersebut menyebabkan orang lebih memilih meninggalkan makan pagi tersebut dan menggabungkannya dengan makan siang. Padahal perlu diketahui bahwa sarapan sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas.

Melakukan sarapan di pagi hari dapat meningkatkan kinerja dari otakmu. Kandungan glukosa (zat yang dibutuhkan sebagai bahan bakar dari otak) dan glikogen yang diproduksi pada saat sarapan dapat membantu kamu untuk berkonsentrasi lebih baik dan terhindar dari perasaan lelah.

Bagi seorang laki-laki atau perempuan dewasa, mengkonsumsi sarapan dapat memberikan energi untuk menjalankan pekerjaan dan kegiatan yang harus dilakukan. Terutama pada seorang ibu, untuk dapat mengurus segala keperluan rumah tangga dan hal-hal lainnya, ibu harus mempunyai kekuatan untuk memulai hari. Dengan memakan sarapan pagi, ibu dapat memenuhi kewajibannya dengan baik.

Di samping itu, perlu untuk diketahui bahwa sarapan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu. Kadar serat yang diperoleh dari makanan pagi dapat menurunkan resiko beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan penyakit kanker pada payudara. Sedangkan bagi seorang anak, sarapan memiliki kegunaan untuk melancarkan kemampuan otak.

Tips Sarapan Praktis Tetapi Menyehatkan Bagi Ibu dan Anak

Pada saat mengenal dan mempelajari hal baru, anak membutuhkan asupan gizi yang dapat membantunya untuk memproses informasi tersebut. Dengan mengkonsumsi sarapan pagi, kemampuan anak dalam mengingat dan belajar dapat meningkat karena zat-zat baik yang diperoleh dari bahan pangan tersebut.

Menyadari pentingnya untuk memakan sarapan pagi, seharusnya membuat orang tersadar untuk mulai mengkonsumsinya. Lalu apa yang harus dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki banyak waktu di pagi hari untuk menyediakan makan pagi tersebut? Tidak perlu merasa khawatir karena menyiapkan bahan makanan untuk sarapan sebenarnya bukan hal yang sulit dan merepotkan untuk dilakukan, apabila kamu tahu tipsnya.

Cara utama agar dapat mengkonsumsi sarapan dengan cepat dan praktis namun tetap menyehatkan adalah dengan melakukan pemilihan bahan makanan yang tepat. Sebenarnya sarapan tidak harus menggunakan panganan yang berat. Maksudnya, seseorang tidak perlu untuk menyiapkan segala jenis masakan yang membutuhkan waktu lama untuk proses mempersiapkannya. Bahan makanan terbaik dapat kamu konsumsi untuk sarapan adalah sereal, susu, roti gandum, keju, telur, dan buah-buahan. Sereal merupakan jenis panganan yang dibuat menggunakan bahan dasar oat atau gandum dan jagung.

Produk ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dimakan dengan menambahkan susu. Aneka jenis susu dapat digunakan bersama sereal, baik susu yang berasal dari sumber hewani (seperti susu sapi dan susu kambing) maupun yang berasal dari sumber nabati (seperti susu kedelai). Kemudian roti gandum. Untuk menggunakan produk tersebut, dapat dikonsumsi dengan mengoleskan mentega, abon, ataupun jenis selai-selaian misalnya selai kacang, selai coklat, dan selai stroberi.

Roti gandum ini juga dapat dicelupkan ke dalam susu, teh, maupun sari air kelapa yang dicampur dengan pemanis. Apalabila keju atau telur menjadi favoritmu, tambahkan saja lapisan atau parutan keju pada atas roti sebagai isian roti. Terakhir, konsumsi juga buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, seperti pisang, stroberi, kiwi, dan pepaya. Hasilnya menu sarapan yang praktis tetapi menyehatkan dan bergizi tinggi dapat dinikmati dengan mudah.

 

BACA JUGA: Mengenal Tiga Jenis Makanan Yang Menyehatkan Serta Memicu Kecerdasan Otak Anak dan Ibu

Gary James

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *