Edukasi Perawatan Luka Yang Tepat
Category: Blog, Kesehatan Ibu & Anak

Edukasi Perawatan Luka Yang Tepat

Edukasi Perawatan Luka Yang Tepat. Pernahkah anda mengalami luka? Jika pernah lalu hal apa yang anda lakukan? Nah perawatan luka sangatlah penting. Perawatan luka yang dilakukan akan mempengaruhi status dari luka dibagian tubuh tertentu. Nah luka bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa saja dikaibatkan oleh sebuah kecelakaan yang dialami yang kemudian menyebabkan luka dibeberapa bagian dan atau bisa juga didapatkan akibat adanya suatu penyakit seperti halnya pada penderita diabetes mellitus.

Nah penanganan luka yang baik harus diterapkan agar kondisi luka dapat segara pulih atau sembuh. Nah jika penanganan luka tidak dilakukan dengan benar maka yang bisa terjadi yaitu luka justru akan semakin memburuk dengan timbulnya cairan yang dinamakan sebagai nanah yang dijadikan sebagai indikator telah terjadinya infeksi. Nah anda tentu saja tak mau terjadi hal yang demikian bukan? Nah oleh karena itu maka lakukanlah perawatan atau penanganan luka yang baik serta benar. Beberepa hal dibawah ini akan membantu anda terkait dengan perawatan luka.

Edukasi Perawatan Luka Yang Tepat

  1. Guyur dengan air yang mengalir

Nah jika anda mendapat luka di suatu bagian yang kemudian muncul atau terdapat darah yang mengalir keluar, maka guyurlah terlebih dahulu dengan air jika anda dalam kondisi yang darurat, Nah hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan benda kecil yang munkin saja melekat pada luka. Hal tersebut juga dilakukan untuk menghindarkan anda dari yang namanya infeksi. Jika luka tak diguyur dengan air bersih terlebih dahulu atau langsung dilakukan penutupan, maka ditakutkan ada benda kecil yang melekat yang akan menyebabkan timbulnya infeksi.

  1. Hindari mengoleskan beberapa bahan tidak tepat

Nah ada paham yang salah yang terkait dengan luka yaitu berupa mengoleskan pasta gigi. Tentu anda pernah mendengarnya. Nah pasta gigi seringkali dijadikan sebagai salep untuk mengatasi luka bakar atau semacamnya. Nah padahal hal tersebut bukanlah paham yang tepat. Pasta gigi akan membuat luka semakin parah karena sifatnya yang panas. Oleh karena itu anda haruslah menghindari bahan tersebut untuk penanganan luka anda agen poker online

  1. Gunakan alat serta bahan yang steril

Ketika anda akan melakukan penutupan luka menggunakan perban ataupun ketika akan melakukan penggantian penutup luka maka haruslah menggunakan bahan serta alat yang steril. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan anda dari infeksi. Nah beberapa alat serta bahan yang digunakan yaitu pinset, kasa, kapas yang dibasahi dengan larutan NaCl, plester.

  1. Membersihkan luka terlebih dahulu sebelum mengganti penutup luka

Proses perawatan luka pada penggantian penutupan luka haruslah dilakukan dengan hati-hati. Anda harus menggunakan sarung tangan terlebih dahulu agar lebih aman. Nah anda memulainya dengan melepaskan perban yang kotor menggunakan pinset. Kemudian lakukan pembersihan menggunakan kapas yang telah dibasahi atau direnda menggunakan larutan NaCl. Sebelum melakukan pembersihan, peras terlebih dahulu kapas tersebut, nah kemudian bersihkan tepi dari luka dari kotoran yang ada. Pembersihan luka dilakukan untuk menghindari infeksi. Setelah anda bisa menutup luka kembali menggunakna perban atau balutan yang bersih.

Beberapa hal terkait dengan perawatan luka tersebut dapat anda praktikkan ketika anda mengalai luka. Nah anda juga dapat mengalikasikannya ketika orang terdekat anda mengalami luka atau membutuhkan upaya yang tepat untuk mengganti balutan luka. Nah semoga informasi yang telah dijelaskan tersebut dapat membantu anda dalam perawatan luka. Sekian dan semoga dapat bermanfaat untuk anda tentunya.

 

BACA JUGA: Pentingnya Pemeriksaan Antenatal Bagi Ibu Dan Sang Buah Hati

Gary James

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *