kesehatan ibu dan anak adalah tugas bersama
Category: Edukasi Ibu & Anak

Kesehatan Ibu dan Anak adalah Tugas Bersama?

Kesehatan Ibu dan Anak adalah Tugas Bersama Untuk daerah terpencil, menjaga kesehatn bukanlah hal yang mudah. buth lebih dari sekedar kmauan untuk mewujudkan hal tersebut. Kesehatan yang dimaksud bukan hanya melindungi sang ibu dari masalah penyakit yang terlihat saja, namun juga kesehatan pikiran. Jika sang ibu hamil merasa stress, maka bayi yang ada di dalam kandungannya juga akan terkena dampaknya. Makanya, ibu hamil yang memang hormonnya sedang tidak stabil dianjurkan agar tidak stress. Karena jika stress yang dialaminya makin bertambah, hal tersebut akan langsung mempengaruhi tumbuh kembang anak yang memang masih hidup dalam kandungan ibunya dan emndapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibunya.

Ibu hamil yang mengalami stress pada masa kehamilannya cenderung memiliki anak yang tumbuh kembangnya kurang maksimal. Untuk itu diharapkan bagi ibu hamil untuk menghindari masalah yang dapatr membuatnya merasa stress. Selain stress, kebersihan juga bisa jadi salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian bagi kesehatan ibu dan anak. Masa kehamilan merupakan masa awal tumbuh kembang bagi anak yang sangat penting. Pertumbuhan anak selama dalam kandungan ibu berpengaruh pada kecerdasan anak. Jika sanga ibu tidak berhati-hati, penyakit yang dialami sang ibu bisa diwariskan kepada sang anak. Untuk mengatasi hal tersebut, para ibu hamil harus rajin memeriksakan kesehatan kandungannya agar nantinya dapat melalui masa kehamilan hingga persalinan dengan lancar. Pentingnya kesehatan ibu dan anak masih kurang disadari oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Hal ini jadi salah satu hal yang menjadi penyebabnya meningkatnya kematian di kalangan ibu dan anak. Padahal sebenarnya menjaga kesehatan dapat kita mulai dari hal kecil seperti mencuci tangan sebelum makan misalnya.

Tangan merupakan tempat bersarang serta menyebarnya virus dan bakteri yang merupakan penyebab berbagai penyakit. Ada beberapa hal yang kecil yang dapat kita lakukan guna menjaga kesehatan, terutama kesehatan bagi ibu dan anak. Dalam hal ini yang paling beresiko mengalami masalah kesehatan adalah ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Janin yang dikandung mendapatkan asupakan gizi dari ibunya, dan tentu saja jika ibunya mengalami masalah kesehatan, anak dalam kandungannya juga akan terkena dampaknya. Ibu hamil memang disarankan untuk tidak melakukan aktifitas yang berat dan dapat membahayakan sang bayi, namun bukan berarti ibu harus berdiam diri saja. Ibu hamil seharusnya banyak bergerak agar nanti saat melahirkan lebih mudah. Dalam hal ini, peran suami sangatlah penting. Selain memberikan support secara mental dan material, suami sangat dibutuhkan keberadaannya untuk para ibu hamil. Selama hamil biasanya ibu mengalami berbagai masalah dimana membutuhkan perhatian seorang suami agar lebih mudah dalam mengahadapi masalah-masalah kehamilan tersebut. Diharapkan sang suami juga mengerti sedikit dasar dalam penanggulangan masalah kehamilan terutama menjelang melahirkan. Kebanyakan penyebab kematian ibu melahirkan disebabkan oleh terlambatnya diberikan penanganan. Sepertinya informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anka ini harus disampaikan lengkap dengan cara penaanganannya. Terutama untuk daerah dimana fasilitas kesehatannya belum terllau lengkap dan bahkan buruk.

Suami hendaknya tahu apa saja tanda melahirkan agar dapat segera melakukan tindakan siaga jika sewaktu-waktu sang istri melahirkan. Pengetahuan tersebut dapat diperoleh dari dokter dimana anda biasa memeriksakan kehamilan anda. Bisa kita ambil kesimpulan dari beberapa poin yang kita bahas di atas, yaitu perlu kerjasama semua orang dalam rangka menjaga kesehatan semuanya.

Gary James

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *