makanan tambahan yang baik untuk si kecil apa saja
Category: Tips Edukasi

Makanan Tambahan Yang Baik Untuk Si Kecil Apa Saja?

Makanan Tambahan Yang Baik Untuk Si Kecil Apa Saja Saat si bayi menginjak usia 6 bulan maka dia sudah seharusnya diberikan makanan tambahan, selain pemberian ASI. Pemberian makanan tambahan ini ditujukan untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan untuk bertumbuh serta melakukan aktifitas si bayi. Makanan tambahan buat si kecil seharusnya sesuai dengan kebutuhan serta harus mengacu pada komposisi makanan sehat.

Meningkatnya aktifitas bayi pada usia 6 bulan seperti belajar tengkurap, mulai merangkak dll membutuhkan energi tambahan dari sekedar susu, untuk itu makanan tambahan sangat dibutuhkan oleh si kecil. Bagaimana seharusnya memberi makanan tambahan bagi bayi berikut kiat-kiatnya.

Bubur

Bubur baik bagi si kecil yang baru belajar makan makanan selain ASI, karena texture nya yang lembut si bayi tidak perlu mengunyahnya juga mudah dicerna. Pemberian bubur cukup efektif karena akan cepat mengenyangkan serta memberi energi ekstra pada si kecil untuk beraktifitas.

Biskuit yang dihaluskan dengan air hangat

Pemberian biskuit juga baik bagi sikecil dengan terlebih dulu dihaluskan dengan air hangat biar lembek seperti bubur, ini akan menjadi asupan makanan yang mengenyakkan juga lezat. Di pasaran banyak biskuit khusus bayi yang dibuat dengan teksture lembut juga sangat digemari si kecil.

Pisang

Buah pisang sudah sangat lama digunakan sebagai makanan tambahan bagi bayi yang belajar makan, rasa pisang yang lembut dan manis sangat disukai bayi. Pisang juga kaya vitamin yang dibutuhkan bayi juga cukup mengenyangkan serta mudah dicerna.

Pepaya

Pepaya juga buah dengan tekstur lunak juga rasa yang manis dan enak, sangat disukai bayi, pepaya juga melancarkan pencernaan. Banyak zat bergizi dalam pepaya seperti zat besi, asam Folat, Zink dan kalsium.

Wortel

Wortel dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik bagi mata, untuk makanan pendamping ASI Wortel juga sangat baik yang juga mengandung mineral tinggi. Rebus Wortel serta lembutkan seperti bubur maka bayi akan suka dengan rasanya.

BACA JUGA : Mengenal Tiga Jenis Makanan Yang Menyehatkan Serta Memicu Kecerdasan Otak Anak dan Ibu 

Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak nabati sumber energi alami serta cepat membantu bayi menjadi gemuk dan sehat. Kandungan Vitamin A, C dan Kalsium sangat dibutuhkan bayi untuk bertumbuh. Alpukat juga memiliki rasa yang lezat serta sangat lembut dan mudah dicerna, akan sangat pas dengan kebutuhan bayi.

Kentang

Kentang sangat padat seratnya juga mengandung energi besar dan sangat mengenyangkan, itu berarti bisa digunakan untuk makanan tambahan bagi si kecil. Tekstur kentang yang lunak serta rasa gurih bisa dibuat bubur yang pasti si kecil akan suka. Kentang cukup bagus untuk memberikan variasi rasa yang bukan yang manis manis saja, biar si bayi terbiasa dengan rasa rasa gurih.

Nasi Tim

Nasi Tim sangat awam digunakan bagi bayi untuk belajar makan, terbuat dari beras, santan dan garam, nasi tim ini bisa ditambahi sedikit sayur seperti wortel atau bayam untuk memberi variasi nutrisi untuk si bayi. Dengan nasi TIm si bayi bisa belajar makan makanan komplek yang tidak hanya terbuat dari satu bahan saja.

Bubur Kacang Hijau

Makanan lain yang penuh nutrisi serta memiliki rasa yang sangat lezat adalah bubur Kacang Hijau yang kaya akan sumber protein. Kacang Hijau baik sekali untuk pencernaan, mengandung banyak Kalsium, Zat Besi, Zinc, Fosfor serta berbagai macam vitamin, sangat membantu masa perkembangan fisik dan kecerdasan si kecil.

Demikian makanan pendamping ASI yang baik buat si kecil dalam memenuhi kebutuhan nutrisi buat pertumbuhannya, juga mencukupi energi untuk beraktifitas dan bermain. Pemenuhan makanan tambahan yang baik akan membantu bayi untuk tumbuh cepat serta berkembang kecerdasannya di masa depan.

Gary James

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *