mengenal lebih dalam program kesehatan ibu dan anak
Category: Edukasi Ibu & Anak

Mengenal Lebih Dalam Program Kesehatan Ibu Dan Anak

Mengenal Lebih Dalam Program Kesehatan Ibu Dan Anak Kita semua tahu bahwa ibu yang baru saja melahirkan membutuhkan perhatian yang lebih pada kesehatannya, begitu juga bagi anak-anak juga masih membutuhkan perhatian kesehatan yang baik. Kepedulian pemerintah dalam memperhatikan kesehatan ibu dan anak bisa dilihat dari adanya KIA atau dikenal dengan Kesehatan Ibu dan Anak. KIA melayani suatu program yang didalamnya ada pemeliharaan ibu hamil, ibu nifas, bersalin, pelayanan ibu hamil, bayi yang baru saja lahir, bayi dan remaja. Bahkan KIA juga melayani lansia juga. Adapun target dari KIA antara lain adalah meningkatkan ketersediaan juga jangkauan pelayanan kesehatan bermutu untuk masyarakat di tahun 2014 pada ibu dan anak, untuk cakupan KB aktif hingga 60%, ibu hamil mendapatkan pelayanan Ante Natal Care hingga 100%, persalinan akan ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih hingga 90%, pelayanan kesehatan anak balita, pelaksanaan promosi kesehatan pemberdayaan masyarakat, penguatan imunisaso rutin melalui gerakan Akselerasi Imunisasi Nasional, ibu yang hamil akan mendapatkan 90 tablet untuk menambah darah, balita juga akan mendapatkan kapsul vitamin sebanyak 85%, imunisasi dasar lengkap hingga 90%, Asi eksklusif bayi usia 0 hingga 6 bulan hingga 80%, dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan untuk strtegi program kesehatan Ibu dan anak atau KIA dilakukan dengan berbagai hal, diantaranya adalah :

  • Bina Suasana

Merupakan upaya menciptakan opini public baik fisik atau non fisik, mendorong individu, keluarga, dan kelompok untuk hidup sehat dan bersih. Hal ini sebagai upaya untuk peningkatan KIA, untuk mempercepat penurunan AKI dan AKB. Salah satu cara Bina Suasana ini antara lain melalui sosialisasi kepada kelompok organisasi masyarakat, kelompok media massa, sehingga target dari KIA tercapai.

  • Advokasi

Adalah strategi terencana untuk mendapatkan komitmen juga dukungan dari para pengambil keputusan juga pihak tertentu seperti Stakeholders.

  • Pemberdayaan masyarakat

Merupakan upaya menumbuhkan kesadaran, kemampuan, dan juga kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah yang ada di KIA. Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan masyarakat mampu untuk hidup dengan sehat dan bersih.

  • Kemitraan

Kemitraan adalah kerjasama formal antara individu dan individu, kelompok dan kelompok, juga organisasi dan organisasi kemasyarakatan.

KIA ini sangat bermanfaat, KIA juga memiliki tujuan khusus antara lain :

  • Dengan adanya KIA maka meningkatkan kemampuan ibu dalam pengetahuan, sikap, perilaku dengan menggunakan cara dan teknologi yang tepat untuk pembinan kesehatan, keluarga, posyandu dan lainny.
  • Untuk meningkatkan jangkaun panjang pada pelayanan ibu hamil, anak balit, ibu bersalin, ibu nifas,ibu menyusui dan lainnya.
  • Sebagai upaya untuk meningkatkan upaya pembinaan kesehatan untuk anak dan balita.
  • Juga meningkatkan kemampuan juga peran serta masyarakt, seluruh anggota keluarg untuk mengatasi masalah kesehatn ibu, anak, balita, dan lainnya.
  • Meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan kesehatan untuk ibu yang hamil, ibu nifas, ibu bersalin, ibu memberikan susu pada anak, nifas, dan lainnya.

Dan masih banyak lagi tujuan juga manfaat dari program Kesehatan Ibu dan Anak, dengan adanya program ini maka diharapkan bahwa ibu yang baru saja hamil dan melakukan persalinan berjalan dengan baik, program ini juga sangat membantu untukĀ  kesehatan bayi dan pertumbuhannya. Dengan adanya program KIA maka diharapkan kesehatan ibu dan anak terjamin. Manfat lainnya dengan menggunakan KIA adalah kesehatan ibu dan anak akan lebih terjamin.

Gary James

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *