menjaga berat badan ibu hamil
Category: Tips Edukasi

Menjaga Berat Badan Ibu Hamil

Menjaga Berat Badan Ibu Hamil Disaat hamil seorang ibu acap kali mengalami kenaikan berat badan, dan ini adalah sebuah kondisi yang wajar dan normal. Kenaikan berat badan ini dikarenakan tubuh ibu yang sedang hamil membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dari ketika sebelum hamil, karena sekarang ada janin yang sedang dikandung. Kenaikan berat badan ini seharusnya tetap dikontrol dengan baik supaya tidak berlebihan atau bahkan tidak kurang dari yang seharusnya.

Seorang ibu hamil sebaiknya mengalami kenaikan berat badan sesuai dengan perhitungan Index Masa Tubuh (IMT), dengan patokan sebagai berikut :

  • Apabila IMT normal maka kenaikan berat badan sebaiknya sekitar 11 – 16kg.
  • Apabila IMT berlebih (kegemukan), maka kenaikan berat badan sebaiknya sekitar 6 – 10kg.
  • Apabila IMT kurang (terlalu kurus), maka kenaikan berat badan sebaiknya sekitar 12 – 18kg.
  • Apabila mengandung bayi kembar, maka kenaikan berat badan sebaiknya sekitar 16 – 24kg.

Dengan patokan tersebut maka kenaikan berat badan bisa dijaga agar tidak kurang atau berlebih.

Kenaikan berat badan saat hamil tidak hanya disebabkan karena adanya janin yang memiliki berat 3 – 3,6 kg, tetapi karena rahim yang melebar, cairan ketuban, serta simpanan lemak dan darah yang lebih banyak. Sehingga kenaikan berat badan ini pasti terjadi, seorang ibu tidak harus kawatir dengan keadaan ini karena dengan penangan yang tepat kita bisa mengontrolnya dengan baik.

Disaat hamil seorang ibu biasanya akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak daripada ketika belum hamil, hal ini sangat wajar karena tubuh membutuhkan asupan makanan ekstra untuk si janin. Konsumsi makanan tersebut seharusnya juga diperhatikan karena apabila tidak maka akan terjadi kenaikan berat badan yang dramatis yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Ibu yang bahkan mengalami obesitas saat kehamilan dapat terancam gangguan gula darah, hypertensi, serta jantung. Bagi janin obesitas saat kehamilan juga tidak baik karena bayi bisa lahir dalam keadaan over weight.

Bagaimana mengontrol kenaikan berat badan yang baik bagi ibu hamil? Beberapa kiat berikut bisa dijadikan acuan :

Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan alami sangat baik bagi tubuh seperti sayur sayuran dan buah buahan serta makanan dengan serat tinggi seperti Brokoli, Beras merah, Outmeal akan sangat membantu kelancaran pencernaan. Ditambah konsumsi susu rendah lemak akans angat baik.

Jangan mengkonsumsi makanan/minuman instan

Makanan/minuman instan biasa mengandung banyak zat yang tidak baik seperti gula yang terlalu tinggi, zat pewarna, zat pengawet dll. Penambahan vetsin tinggi juga sangat dihindari serta makanan dengan minyak tinggi seperti gorengan dll. Hanya konsumsi makanan segar yang diolah sendiri.

Batasi asupan kalori

Nasi memang menjadi makanan utama penduduk kita, tetapi nasi sering menyumbang kalori serta glukosa tinggi ke dalam pola makanan kita sehari hari. Terlalu banyak mengkonsumsi kalori akan menimbun lemak berlebih, anda bisa menggantinya dengan Nasi merah yang mengandung serat tinggi tetapi tetap mengenyangkan.

Olah raga ibu hamil

Saat hamil seorang ibu biasa malas melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga fisik, hal ini tidak sepenuhnya baik, karena dengan kegiatan fisik sebenarnya akan membantu tubuh untuk bermetabolisme secara lancar. Seorang ibu disarankan untuk melakukan gerak fisik sesuai dengan porsinya, sudah ada bermacam olah raga atau senam khusus untuk ibu hamil.

Demikian beberapa kiat yang bisa digunakan ibu hamil untuk mengontrol penambahan berat badannya, sehingga kesehatan ibu dan janin tetap terjaga sampai proses persalinan, serta pasca melahirkan.

Gary James

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *