pengertian pendidikan kesehatan
Category: Blog

Pengertian Pendidikan Kesehatan

Pengertian Pendidikan Kesehatan Pendidikan kesehatan semakin  berubah terkait dengan majunya zaman dan teknologi yang ada didunia Ini. ada beberapa pengertian dari pendidikan kesehatan yang harus anda tahu, pandangan pendidikan kesehatan memiliki pengertian tidak hanya menyangkut individu dan keluarga, tapi juga menyangkut institusi dan kondisi sosial yang memfasilitasi individu untuk selalu sehat. Sedangkan menurut Griffith ditahun 1976 pendidikan kesehatan adalah berupa menutup kesenjangan. Selin itu ada juga yang menyimpulkan bahwa mmpu menekankan perubahan informasi  yng sukarela dan terinformasi. Ada juga yang mengatakan bahwa kombinasi pengalaman belajar apapun dirancang untuk memfasilitasi adaptasi sukarela pada prilaku kondusif bagi kesehatn. Selain itu menurut Proyek Delineation mendefinisikan bahwa pendidikan kesehatan akan membawa proses membantu individu, bertindak kolektif dan terpisah, guna memberikan info secara khusus terkit dengan kesehatan anda.

Jika kita sudah tahu terkait dengan pendidikan kesehatan diatas maka pastinya kita tahu bagaimana cara terbaik untuk segera istirahat agar selalu memiliki tubuh yang sehat. Untuk yang sukses biasanya tidak memuliki penyakit, karena menjaga tubuhnya dengan baik serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari pendidikan kesehatan, diantaranya adalah :

  • Menurut WHO bahwa tujuan dari penyuluhan adalah mengubah perilaku perorangan juga masyarakat agar sehat. dengan begitu maka kesehatan akan lebih mudah untuk dicapai
  • Manfaat kedua adalah bahwa tercapainya perubahan perilaku individu.
  • Terbentuknya perilaku sehat di setiap individu, keluarga juga masyarakat memiliki konsep yang sesuai, baik sehat dan bisa juga memiliki pakaian lebih.
  • Menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat

Dengan adanya pendidikan kesehatan maka masyarakat akan lebih paham bagaimana pentingnya menjaga kesehatan untuk kelurga dan anak-anak mereka. Sehingga generasi  penerus yang akan datang memiliki kesehatan yang lebih baik, tidak ada lagi masyarakat miskin yang memiliki tubuh yang tidak sehat

  • Memberikan info dan pemahaman.

Dengan adanya pendidikan kesehatan maka mereka paham bahwa kesehatan sangat penting bagi tubuh mereka. sehingga mereka akan menjaga pola hidup yang sehat.

  • Mencegah terbentuknya genersi bodoh

Dengan adnya pendidikan kesehatan maka masyarakat akan lebih tahu dan paham harus bertindak, khususnya bertindak ketika mereka mengalami berbagai masalah atau ketika salah satu keluarga sakit.

  • Mencapai aktualisasi diri

Dengan adanya pendidikan maka aktualisasi diri lebih tinggi, karena ada banyak pengalaman-pengalaman yang sudah di lakukan pada diri sendiri.

  • Mengajarkn fungsi sosial dalam masyarakat

Dengan adanya pendidikan sosial maka mengajarkn pemahaman mengenai suatu disiplin ilmu dan fungsi sosial bagi masyarakat.

Sedangkan peran pendidikan kesehatan masyarakat terbagi menjadi beberapa faktor lingkunga, diantaranya adalah faktor lingkungan, ada banyak sarana dan prasarana yang sudah dibangun disekitar lingkungan kita, jika sarana dan prasarana tersebut dijaga atau dipelihara dengan baik maka akan membuat kesehatan terjaga dengan baik, sehingga pengaruh lingkungan disekitar kita sangat mempengaruhi. Faktor lainnya adalah peran pendidikan kesehatan dalam perilaku, dengan adanya pendidikan kesehatan maka diharapkan masyarakat akan menyadari betapa pentingnya pendidikan, sehingga mereka akan terbiasa dengan perilaku untuk hidup sehat, tingkat kesadaran mereka semakin meningkat. Peran yang ketiga adalah kesehatan, kita tahu bahwa pemerintah sudh menyediakan pelayanan masyarakat yang optimal, cohntohnya adalah terbangunnya puskesmas dengan fasilitas yang bagus. Untuk peran lainnya adalah peran hereditas, yaitu peran kesehatan untuk anak-anak atau generasi selanjutnya.

Gary James

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *