Pentingnya Kesadaran Ibu Hamil Akan Gejala Anemia
Category: Blog, Kesehatan Ibu & Anak

Pentingnya Kesadaran Ibu Hamil Akan Gejala Anemia

Pentingnya Kesadaran Ibu Hamil Akan Gejala Anemia. Menjadi seorang ibu tentu saja adalah hal yang sangat diidam-idamkan bagi setiap wanita yang ada di muka bumi ini. Menjadi seorang ibu yang benar-benar seutuhnya adalah bila berhasil melahirkan sang anak dengan kondisi yang normal dan juga berhasil mempertaruhkan segenap jiwa dan raganya demi sang buah hati tercinta.

Akan dilakukan banyak hal dalam upaya mendukung kesehatan janin dan juga ibu yang mengandungnya. Misalnya dengan pemenuhan kecukupan gizi, olahraga dan manajemen stres pada si ibu sendiri yang bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang si janin. Hal ini pun berkaitan dengan pola konsumsi sayuran hijau dan juga sayuran serta buah yang beranfaat bagi pertumbuhan janin yang wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Adapun di Indonesia, angka kematian ibu dan juga anak masih sangat tinggi. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Misalnya saja dari segi anemia atau kebutuhan darah ibu yang kurang. Tidak berhasil dideteksi sejak dini karena sang ibu engan untuk berkunjung ke puskesmas atau ke fasilitas tenaga kesehatan yang terdekat.

Dengan begitu, kondisi ini bisa memperparah kehamilan dan keadaan ibu dan janinnya. Bahkan juga bisa berujung pada hal kematian. Sangat disayangkan sekali apabila seorang ibu yang sedang mengandung dan tidak bisa mengenali gejala klinis yang mungkin terjadi itu. untuk mengatasi hal ini pun seenarnya pemerintah telah memberikan kebijakannya.

Pentingnya Kesadaran Ibu Hamil Akan Gejala Anemia

Seperti pengkonsumsian tablet fe yang wajib untuk dikonsumsi ibu hamil selama waktu kehamilannya. Dimana setiap fasilitas kesehatan wajib menyediakan dan memperhatikan ketersediaan tablet fe tersebut. Untuk ibu hamil dengan kasus anemia, maka perlu adanya pengkonsumsian tablet fe dengan tiap harinya dikonsumsi sebanyak satu butir.

Kemudian, apabila persediaan ibu habis, maka bisa meminta kembali untuk disediakan tablet fe lagi oleh sang tenaga kesehatan. Untuk cara pengkonsumsian tablet fe yang erfungsi sebagai penambah darah ini, wajib hukumnya untuk diminum satu kali sehari pada malam hari menjelang tidur. Dengan begitu ibu akan merasa mual setelah minum obat fe ini. Namun, tidak perlu khawatir. Dengan pengkonsumsian menjelang tidur itu, rasa mual akan tersamarkan ketika tidur. Jadi sang ibu tidak akan mengalami hal serius terkait dengan mual yang dirasakannya.

Hb yang kurang dari 11 untuk ibu hamil sangat riskan sekali terhadap ancaman perdarahan yang mungkin bisa terjadi. Dimana saat melahirkan nanti ibu akanberisiko tinggi untuk perdarahan saat melahirkan buah hatinya. Ada hal yang sebenarnya bisa memantu dalam menaikkan kadar Hb ibu.

Cara alami yang bisa diterapkan adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin dan teratur. Kemudian didukung pula dengan mengkonsumsi bayam yang kaya akan zat besi di dalamnya. Selain meminum tablet fe maka seimbangkan untuk mengkonsumsi sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan tersebut.

Pentingnya edukasi sejak dini dan juga kepedulian kritis dari sang ibu akan kesehatan janin dan juga pertumbuhan dirinya tersebut dirasa sangat perlu untuk ditegakkan. Jadi, tidak hanya menjadi tugas seorang tenaga kesehatan saja dalam upayanya meningkatkan kesejahteraan ibu.

Yakni, si ibu sendiri juga patut untuk mawas diri dan juga kritis dalam menyikapi kehamilannya. Adanya konseling pra persalinan dan juga menjelang kehamilan pun juga perlu ditegakkan. Sehingga ibu harus ikut turut aktif dalam menyikapi kehamilan yang terjadi. Menjaga kehamilan dengan baik agar sang buah hati lahir dengan normal.

 

BACA JUGA: Pemeriksaan Antenatal Care Pemantauan Ibu dan Janin

Gary James

1 Comment

  1. bener banget nih, para ibu2 harus di baca ini, anemia bisa menyebabkan kematian loh, jadi harus lebih berhati-hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *